Pengaruh Teknologi Ber-SmartPhone
Terhadap Remaja
Teknologi dewasa ini telah meluas
hingga ke berbagai macam kalangan. Tidak hanya digunakan oleh kalangan atas
saja, tetapi sudah merambah ke kalangan bawah. Pengaruh besar terhadap
teknologi terjadi pada remaja. Tidak heran jika dimana pun berada banyak remaja
yang sudah menggunakan handphone.
Pengaruh handphone bagi remaja
sangat signifikan, tidak hanya handphone saja yang mereka gunakan tetapi
sudah merambah handphone ber-smartphone. Dewasa ini banyak remaja di
lingkungan pelajar sudah hampir semua memiliki smartphone atau yang sering
disebut handphone pintar. Penggunaan handphone ber-smartphone telah
merambah luas pada anak sekolah, terlebih lagi pada pelajar SMA. Handphone yang
digunakan tidak hanya untuk berkomunikasi atau SMS saja, tetapi juga sudah
meluas hingga penggunaan media sosial pada kalangan pelajar.
Media sosial yang dimaksud mempunyai
kemungkinan untuk memperluas jaringan pertemanan, mengunggah foto yang menarik,
atau menceritakan hal-hal atau aktivitas yang sedang dilakukannya. Hal ini
menjadi perhatian kita bersama, media sosial pada handphone memberikan
pengaruh yang sangat luar biasa.
Media sosial yang dimaksud
kemungkinan adalah penggunaan aplikasi Facebook pada kalangan remaja. Dimana
pengguna bisa masuk ke aplikasi ini jika memasukkan email dan password. Hal ini
tentunya memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman barunya dalam
dunia maya. Tidak hanya aplikasi Facebook saja, dewasa ini teknologi telah
membuktikan dengan menambah aplikasi Twitter, Instagram, BBM (BlackBerry
Messenger). Aplikasi tersebut mempunyai kegunaan yang hampir sama dengan
Facebook, tetapi pada kalangan pelajar sebagian besar mempunyai Facebook hanya
untuk kepo alias ingin tahu aktivitas orang lain yang sedang dilakukan orang
tersebut.
salah satu siswa SMA di Yogyakarta
mengungkapkan,"Saya baru 2 tahun ini memiliki smartphone, fungsinya sangat
banyak. Salah satunya adalah untuk mempunyai teman banyak seluas-luasnya. Saya
sendiri mempunyai media Facebook lebih dari 1 tahun yang lalu. Di sini saya
mempunyai banyak kenalan dan banyak teman, tetapi pertemanan di dalam Facebook
saya sebagian besar saya tidak mengenal mereka secara langsung melainkan
mengenal mereka hanya di dunia maya tidak dengan kenyataannya."
Mengetahui hal tersebut pengaruhnya
memang sangat besar bagi remaja jaman sekarang, tetapi dilihat dari fungsi
edukatif, remaja ber-handphone sangat kurang baik. Dari segi positifnya
tentunya hanya ingin menambah pertemanan, tetapi dari segi negatif hal tersebut
kemungkinan bisa terjadi. Misalnya saja, berkenalan dengan teman baru yang
mempunyai niat buruk terhadap orang yang akan dikenalinya atau kenalannya.
Banyak pengaruh-pengaruh yang tidak baik di dunia maya jika tidak bisa
memanfaatkan media sosial dengan baik. Dengan demikian aplikasi-aplikasi yang
ada pada teknologi smartphone banyak keuntungannya tetapi menyesatkan
jika kita tidak pintar-pintar untuk melihat sisi positifnya.
Salah satu guru di SMA di Yogyakarta
juga menyebutkan, 70% dari pelajar SMA se-Yogyakarta telah menggunakan dan
memakai handphone ber-smartphone. Beliau mengatakan tingginya
angka pelajar menggunakan handphone ini sangat miris, karena pelajar dan
remaja menggunakannya tidak kenal waktu. Di sekolah saja sudah ada beberapa
pelajar yang selalu menggunakan handphone pada saat jam mata pelajaran
berlangsung. Hal ini dimungkinkan karena rendahnya pula guru yang mengawasi dan
tidak ada teguran sama sekali.
Sebaiknya para remaja jaman sekarang
harus sangat berhati-hati terhadap pengaruh teknologi. Kemungkinan jika tidak
berhati-hati para remaja akan terperosok ke dalam hal yang negatif. Peranan
orangtua sangat dibutuhkan dalam teknologi di jaman sekarang. Selain bisa
membimbing dan mendidik anaknya dalam pergaulan teknologi, orangtua hendaknya
harus pandai-pandai memilih dan memilah aplikasi apa saja yang digunakan remaja
yang ber-handphone. Karena dewasa ini diketahui banyak aplikasi-aplikasi
yang berada di handphone mengundang sara.
Jika ini terjadi di lingkungan
sekolah sebaiknya pengawasan harus lebih ditingkatkan agar kalangan pelajar
tidak asik sendiri dengan smartphone-nya. Peran guru di sini sangatlah
penting, karena guru adalah salah satu pendidik dengan siswanya. Guru bisa
melakukan tindakan lebih tegas jika ada salah satu siswanya sedang asik
menggunakan smartphone-nya pada waktu jam pelajarannya. Tentunya hal ini
juga harus diterapkan kepada kalanghan pelajar lain. Maksudnya di sini adalah
memungkinkan pelajar lain atau remaja lain agar menggunakan handphone
ber-smartphone pada waktu yang tepat. Guru pun setidaknya bisa mengawasi
dengan cara mendidik agar siswa atau pelajar bisa memahami maksud dari guru
tersebut. (mar)
Sumber:
http://news.liputan6.com/read/797577/pengaruh-teknologi-ber-smartphone-terhadap-remaja
NPM: 25211046
1 komentar on "Pengaruh Teknologi Ber-SmartPhone Terhadap Remaja"
da942 salomon vaelluskengät,dsquared2jeans.it,joyaschuhedeutschland,crocskumisaappaat,havaianas paris,teva hurricane,havaianassverige,crocs nz,crocs uae hw662
Posting Komentar