Senin, 21 Oktober 2013

Bidang Usaha yang Prospektif saat ini

Diposting oleh Mutia Azila di 08.47


Bidang Usaha yang Prospektif saat ini


Seseorang wirausaha sejati harus jeli dalam menentukan bidang usaha atau bisnis yg akan di tekuni atau digeluti. Selain modal uang sebagai faktor utama. Kerja keras, disiplin dan kemauan yg kuat menjadi faktor penting tentunya. Faktor ketepatan dalam memilih bidang usaha yang akan dijalani. Memilih bidang yang tepat bisa menjadikan anda seorang pengusaha sukses. Dibawah ini daftar usaha atau bisnis yang mempunyai prosfek menjanjikan dan menguntungkan baik saait ini maupun dimasa depan.

1.      Waralaba atau Franchise
Bisnis waralaba atau franchise akhir-akhir ini telah menjadi salah satu trendsetter yang memberi warna baru dalam dinamika perekonomian Indonesia. Animo masyarakat terhadap munculnya peluang usaha waralaba sangat signifikan. Animo ini tercermin dari dua hal, yakni jumlah pembeli waralaba dan jumlah peluang usaha yang terkonversi menjadi waralaba. Oleh karena itu, ke depan, bisnis waralaba akan terus tumbuh, terutama untuk waralaba jenis makanan.
Trend bisnis waralaba di Indonesia diproyeksikan akan tetap menjanjikan selama baik franchisor maupun franchisee memegang teguh komitmen untuk terus menerus meningkatkan kualitas produk atau jasa yang mereka jual. Pemilik usaha yang ingin mewaralabakan usahanya untuk publik harus benar-benar membenahi sistemnya sebelum berani menjual konsep bisnisnya ke publik. Setiap orang yang ingin berkecimpung di bidang waralaba harus menyadari bahwa usaha ini adalah tipe usaha jangka panjang dan berkesinambungan.
Dedikasi terhadap kualitas harus benar-benar dijaga. Standard Operating Procedure (SOP) yang telah dibuat tidak hanya dipatuhi tapi juga terus menerus diperbaharui dan ditingkatkan. Kita pun berharap suatu saat semua pihak waralaba di Indonesia sudah memiliki profesionalisme dan etos kerja yang tinggi, yang melahirkan sistem yang benar-benar teruji, sehingga produk dan SDM yang berkualitas dapat benar-benar terwujud di Indonesia. (ST)

2.      Bisnis Online
Peluang bisnis online diperkirakan akan semakin menjanjikan bagi para internet marketer. Ada beberapa perkembangan baru di dunia internet marketing di dunia umumnya dan di Indonesia pada khusunya. Pada dasarnya, dengan bertambah banyaknya pengguna internet di Indonesia, maka pangsa pasar akan menjadi bertambah besar secara drastis. Pertambahan jumlah pangsa pasar, berarti adalah profit.
Peluang bisnis online untuk produk digital juga akan semakin diminati, terutama dengan gerakan "go green" atau climate changes dimana penggunaan kertas yang dipercayai akan semakin dikurangi. Dengan hal ini, maka pemanfaatan buku-buku elektroni akan semakin diminati, seperti halnya ebook, audio, video yang masuk dalam kategori produk digital lainnya. Semakin murah dan cepatnya kecepatan internet di seluruh dunia akan mendorong pemasukan dari penjualan digital produk ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.

3.      Bisnis Kuliner
Usaha kuliner disebut-sebut sebagai salah satu bisnis yang paling menguntungkan saat ini di Indonesia. Kebutuhan orang-orang yang serba praktis pada jaman sekarang, membuat kebutuhan akan berbagai bahan makanan cepat saji akan semakin dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya untuk masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.
Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari bisnis kuliner adalah dari segi biaya investasi atau biaya permodalan yang juga tidak terlalu besar dibandingkan dengan peluang usaha yang lainnya sehingga juga sudah pasti resiko untuk gagal atau bangkrutnya juga sudah pasti minim atau kecil juga dibandingkan bisnis yang lainnya.

4.      Bisnis Fashion Inovatif
Seperti halnya usaha kuliner, bisnis fashion merupakan salah satu usaha tua yang sudah ada sejak berkembangnya peradaban manusia. Desain yang inovatif dengan variasi style yang atraktif menjadi kekuatan dalam berkompetisi. Oleh karena itu, inovasi dalam membangun bisnis ini sangat diperlukan. Banyak orang yang telah sukses berkat ide-ide gilanya, misalnya mendesain baju yang multi fungsi, sandal yang bisa dirakit sendiri dengan warna berbeda, menjual kaos stockhing bertato, membuat desain kerudung yang mampu menciptakan 8 gaya, dan masih banyak lagi.

5.      Bisnis Gadget
Melihat perkembangan industri gadget yang belakangan ini mengalami peningkatan yang cukup drastis, tentu tidak terlepas dari minat masyarakat yang begitu besar terhadap produk tersebut. Aneka macam produk gadget seperti handphone, komputer tablet, serta peralatan elektronik lainnya kini mulai membanjiri pasaran dan diperkirakan nilai pasar industri ini bisa mencapai angka ratusan triliun rupiah. Sehingga tidak heran bila saat ini beragam peluang bisnis seputar gadget merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya.

6.      Bisnis Spare Part Kendaraan
Negara Indonesia menjadi salah satu negara yang pemakai kendaraan bermotor terbanyak di Asia. Tiap tahunnya, jutaan kendaraan, baik roda dua dan roda empat dirakit dan diimport dari Jepang, Jerman, Inggris, China, India, dan lainnya. Kini, banyak rumah tangga yang memiliki kendaraan lebih dari satu. Hal itulah alasan mengapa terjun ke dalam bisnis penjualan spare part menjadi sangat menjanjikan. Dengan modal 20-30 juta rupiah, anda pasti sudah dapat memulai bisnis ini walaupun dalam skala kecil. Jika anda punya SDM yang memahami tentang otomotif, tentu dapat menjadi nilai tambah bagi kompetisi bisnis anda.

                                                           
Sumber:
https://www.facebook.com/media/set/?set=a.531777493523106.1073741825.251249658242559&type=3
http://www.beritaterhangat.net/2012/08/bidang-usaha-yang-menjanjikan-di.html
http://www.kerjausaha.com/2013/05/ragam-bisnis-yang-menjanjikan.html


Nama: Mutia. Azila
Npm: 25211046
Kls: 3EB10
Tugas softskill: Bahasa Indonesia

0 komentar on "Bidang Usaha yang Prospektif saat ini"

Posting Komentar

 

' Mutia Azila Sweet Cupcake Designed by Ipietoon