Sabtu, 26 Oktober 2013

Pendahuluan Etika Sebagai Tinjauan (1)

Diposting oleh Mutia Azila di 04.57

Pendahuluan Etika Sebagai Tinjauan

1.    Pengertian Etika
Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan.
Etika merupakan suatu ilmu yang membahas perbuatan baik dan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Dan etika profesi terdapat suatu kesadaran yang kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukan.
Menurut Drs. Sigi Gajalba Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari sisi baik dan buruk, sejauh yang masih dapat ditentukan oleh akal.
Menurut Drs.H.Burhanudin Salam Etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan moral yang menentykan perilaku manusia dalam hidupnya.
Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita.Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.
Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi.Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.

Sumber:
http://tugas01-etika-profesi.blogspot.com/
http://jeanecutepink-jeane.blogspot.com/2012/03/pengertian-etika.html
http://kecoakireng.blogspot.com/2010/11/pengertian-etika-dan-etiket_03.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika

Nama: Mutia. Azila
Npm: 25211046
Kls: 4EB10
Tugas softskill: Etika Profesi Akuntansi

0 komentar on "Pendahuluan Etika Sebagai Tinjauan (1)"

Posting Komentar

 

' Mutia Azila Sweet Cupcake Designed by Ipietoon